memasang klakson Mobil di yamaha vixion dengan relay

Minggu berkreasi, kenapa hari minggu? karena libur... hehehe. langsung aja, berawal klakson mobil ane yang mati sebelah, ane copot dan ane simpan aja di gudang. setelah lama teronggok ahirnya ane iseng bongkar tuh klakson niatnya sih  cari kabel eh dapat klakson.
rupanya ni klokson masih nyala, cetuk....cettuk... gitu aja sih bunyinya. sepengetahuan ane klakson itu ada baut penyetel suaranya. ane cari cari kok gak ada? Jadi kepo, ane bongkar aja nih klakson. loh setelah dilihat ada kok baut penyetelnya didalam, ane balik lah ternyata lubang penyetelannya di kasih lem tembak. Entah mksdx apa.
ane cungkil aja dan taraaa.... kelihatan batang hidung bautnya. ane pasang lagi tuh klakson dan ane tes kembali dan mencari setelan yang bagus. dannnnn tin tin ngebass khas mobil. semingguan ane pake,  fikiran menjadi kacau ngedrop gak akinya nih? maklum aki blm pernah ganti sudah 6tahunan. dan ternyata aman aman ajah... biar tambah aman ane cari digudang limbah relay klakson mobil yang masih bagus... dan berikut tutorialnya. oh iya... pemasangan relay ini fungsinya sebagai pengaman saklar biar gak gosong. karena ane pasang double klakson ori vixy + klakson limbah mobil yang sempat matisuri... hehehehe. chek it out
1. kita bayangkan dulu skema pemasangannya, klo gak bisa membayangkan di gambar jg gak papa
2. merangkai Kabel-kabel.
karena ini akan memakai 2 klakson maka out put di jadikan 2 seperti kabel kuning dibawah. sedangkan kabel hitam biru adalah kabel negatif yang akan di tempel ke body vixy  double out juga.

3.Penempatan posisi klakson yang ideal.
pasanglah klakson ditempat yang dinilai aman, klo ane di posisi klakson lama, dan klakson lama ane posisikan di belakang klakson mobilnya.(atur jarak dengan posisi mentok ke spakbor ktika sock mendapat tekanan beban maximal)


4. Perakitan
sesuai dengan gambar diatas, mari mengerjakannya dengan rapi yang tentunya menjamin keamanannya,
nah bagaimana cara pasang kabel arus akinya secara langsung? gini brow, buka batok lampu depan. trus cari soket kunci kontak, kemudian kita klupasin kabel warna merah, nah sambungin dah... nih picnya
jangan lupa di isolasi yang rapi dan kuat, nah sampai step ini coba brow pasang juga kabel ground / minus nya. bautkan yang kencang trus pasang soketnya ke masing masing slot sesuai posisinya. dan di coba klaksonnya... klo sudah bunyi berarti berhasil. nih punya ane kabel minusnya ane bautkan ke pangkon klaksonnya

5. Finishing
Kemudian, relay tadi ane masukin ke bagian batok lampu depan agar aman dari percikan air ketika di mandikan atau ketika hujan.


 kurang lebih 2 bulan lebih ane pakai nih klakson, hujan terik sudah ane lalui, dan kesimpulannya mantap pake banget. Orang orang pada minggir dikira mobil kale... Wkwkwk. Tapi ada gak enaknya kalo lagi riding tanpa Helm bikin telinga budeg..wkwkwk. thanks semoga bermanfaat

Post a Comment

1 Comments