Memperbaiki tombol power PC sendiri

hay brow, pindah tempat nih. mudah mudahan jadi penyemangat.
Tips and trik, kemaren malam temen ane telepon Komputernya gak bisa dinyalakan katanya, dipencet pencet sampe mentok tombol powernya tetep aja gak nyala. kemudian ane suruh bawa aja kerumah coba ane liat sapa tahu  bisa. singkat cerita setelah sampai dirumah ane cobain teryata tetap gak mau nyala, ane buka chasingnya dan menjumper jalur power 
eh ternyata nyala. fix PC ini rusak di area saklar power chasing.
gak mo berlama-lama ane bongkar tombol power yang ada didepan chasing ternyata benar kesalahannya berada pada sipemakai yang mungkin tidak paham dengan cara kerja saklar, otomatis dipencet aja sampe jebol...hehehe
sekedar memastikan karena baru pertama kali ane bongkar tombol PC, prediksi ane ternyata benar tombol power PC menggunakan tombol jenis push on yang banyak di gunakan di barang mainan anak anak. Setelah mencari cari ternyata ketemu sebuah radio remote control mobilan.
Oprek pun dimulai... Sambil lirik teman ane lihat mimik wajahnya iklash apa gak ane akalin. Hahaha... Ternyata tersenyum ajah. Apa karena sudah ane hidangin kopi sama pisang goreng ya?
Segera ane siapin senjata oprasi
1. Soder+timah
2. Avometer 
3. Tombol push on ko
4. Alat pemotong
5. Lem tembak / solasi bolak balik
6. Obeng.
Langkah awal kluarin tombol dan lepas kabel dengan soder (sebelumnya pastikan colokan arus listrik ke PC sudah dicabut), setelah itu cabut socket tombol power di motherboard.
 cek kabel dengan avometer putus/tidak, cek juga tombolnya dengan menyentuhkan kaki kaki ke kabel avometer sambil di tekan tekan jika jarum avometer gak berjalan maka dipastikan avometernya rusak eh tombol PC nya.
Soder tombol pengganti (yang diambil dari RC mobilan) dengan rapi
kemudian pasang kembali socket tombol power di motherboard, colokin arus listriknya dan cobalah jika berhasil/nyala oprasi anda berjalan 50%. Matikan kembali dan lepaskan dari arus listrik.
Setelah itu saatnya merapikan dan berusahalah seolah-olah PC ini gak pernah dioprasi/diakali. Bisa dengan lem tembak/isolasi bolak balik.
Pesan ane
Jangan lupa putus arus listrik setiap perbaikan barang elektronik, ditakutkan terjadi sesuatu. Berusahalah serapi mungkin merapikan kabel kabel yang disambung dan periksa berulangkali kekuatan kualitas soderan dengan cara uji tarik kabel(pake perasaan nariknya) apakah timah sudah melekat kuat. 
Semoga bermanfaat

Post a Comment

0 Comments