Jumat, 30 September 2016

Desa Gunung Malang

"Gunung - gunung akan selalu ada, ini untuk membuatmu yakin"(Hervey Voge)
kata kata inspiratif penyemangat jiwa travelling. nah brow, alangkah serunya ketika kita saling bercerita tentang keseruan-keseruan hoby masing masing. yup hoby gw yang mungkin memang turunan dari bokap nyokap, ato bahkan kakek nenek, ato buyut.hehehehe... 
kita menamakan diri sebagai team touring. adalah kakak gw yg pertama, kedua, dan gw sendiri. yang memang doyan jalan jalan. entah jalan jalan yang disengaja maupun tidak. punya budget ataupun tidak. jalan kaki, naik motor, mobil, atopun tidak. dibenak kami yang ada hanyalah rasa penasaran yang mendalam, tentang suatu tempat.
kami bertiga adalah saudara, lahir disebuah desa yang memang tercipta sarat dengan keindahan, tepatnya di desa Gunung Malang, kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Desa kami sangat strategis dilewati jalan raya jalur kabupaten, sehingga sangat memudahkan bagi siapa saja menemukan tempat ini. sejak kecil kami suka menjelajah, naik gunung dan menjelajah pantai. maklum desa kami yang letaknya diperbukitan dan sangat dekat pula dengan garis pantai selat madura.
ketika pagi menyapa matahari tak langsung dapat menyentuh desa ini, karena ada bukit yang kokoh melindungi. ya... bukit arak arak namanya, bukit yang awalnya sama seperti lainya kini harus rela di gagahi oleh para insinyur belanda di jadikan jalan utama ke kabupaten tetangga. banyak cerita tentang bukit ini, namun sengaja gw simpan dulu, karena seolah olah bukit ini hidup dan banyak bercerita. (next post)
simpan dulu saja tentang arak-arak, beralih ke posisi barat ada bukit, kita menyebutnya (alas bere' = hutan barat) bukit ini adalah kaki gunung argopuro yang legend.
diarah selatan ada bukit juga kita menyebutnya (laok gunong = gunung selatan) dan masih kaki gunung argopuro. desa kami dikelilingi oleh bukit mungkin dari fakta inilah desa kami dinamakan Gunung Malang (gunung = gunung, Malang (Bhs. Madura) = melintang) gunung yang melintang.
nah di arah utara adalah selat madura, kebayang gak? dikelilingi gunung dan jatuhlah ke laut. hehehehe... atau kebayang gak? bosen dengan gunung dan langsung dihidangkan dengan landscape pantai.
yups... Kami bertiga akan bercerita. ddp5

1. dari arah utara


2.dari arah timur (dari bukit arak arak)

3. dari arah selatan (laok gunong)

4. laok gunong

5. dari arah barat (alas bere')

6. dari selatan ke arah utara (nah itu selat maduranya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar